Sunday, May 22, 2011

Gunung berapi di Islandia (Iceland) meletus dan bandar udara ditutup

Sebuah gunung berapi yang paling aktif di Islandia (Iceland) meletus kembali pada hari Sabtu kemarin sehing bandar udara internasional di Islandia harus ditutup. Letusan gunung berapi tersebut telah melemparkan debu ke udara sejauh 12 mil sehingga menutupi airport Keflavik. Seorang operator airport di Islandia melaporkan bahwa debu yang dikeluarkan oleh gunung berapi tersebut akan menutupi hampir sebagian besar Islandia sehingga hampir semua airport di sana juga harus ditutup.

Meskipun demikian seorang pejabat dari bandar udara Islandia mengatakan bahwa debu ini tidak akan sampai ke Eropa melainkan akan diterbangkan angin ke arah Greenland. Penerbangan maskapai udara Trans Atlantic akan dialihkan jauh dari Islandia.

Tahun lalu letusan gunung berapi Eyjafjallajokull telah membuat bandar udara di 34 negara harus ditutup karena kawatir debu vulkanik dari gunung berapi tersebut membuat mesin pesawat mati. Peristiwa tersebut adalah peristiwa penutupan terbesar terhadap bandar udara sejak Perang Dunia ke II.

No comments:

Post a Comment